Minggu, 05 Februari 2017

BIOKIMIA

Tulisan kali ini sedikit berbeda dengan tulisan sebelumnya, kita akan memasuki filosofi suatu cabang Sains yaitu BIOKIMIA yeyeye lalala hoho...
Kalau dilihat sekilas Biokimia merupakan gabungan dari dua unsur setan hahahaha
Biologi merupakan suatu ranah yang dipenuhi oleh nama-nama asing, sedangkan Kimia merupakan ranah komplikasi antara teori dan perhitungan detail.

Jangan panik dulu kawan, itu hanya opini orang awam. Sebenarnya Biokimia itu adalah hal yang sangat keren, Jika kalian pernah nonton film Avatar manusia biru itu, maka bisa di analogikan BIOKIMIA itu adalah naga yang dimiliki oleh tokoh utamanya.
Merupakan hewan liar yang mengerikan, ditakuti oleh semua penduduk hutan khayangan dan sangat sulit untuk dijinakkan. Tapi sekali dijinakkan dia akan membawa kita terbang dan melihat semua hal yang mempesona yang belum dilihat.

Begitulah Biokimia, sudah jadi takdir nya di takuti banyak orang karena jalur-jalur nya yang sangat rumit, komplikasi reaksi-reaksi yang tidak terbatas dan katanya hafalan nya yang begitu banyak.
Tapi kita juga harus ingat bahwa Biokimia itu sangat penting dan sangat membantu kedepannya.

Nah kali ini kita akan belajar untuk menaklukan sang raja khayangan ini, bersiaplah karena tidak lama lagi kita akan mengenal biokimia bukan lagi sebagai monster tapi suatu keajaiban penciptaan yang sangat indah. Kita bisa melihat kontrol metabolisme yang sangat jenius pada tubuh kita sendiri tanpa kita kontrol. bagaiman afinitas glukosa dirubah dalam darah agar dapat berikatan dengan Hb, bagaimana tubuh mengatur kelebihan atau kekurangan suatu substart dengan cara yang sangat unik. dan tiu semua ada di BIOKIMIA.


*Saya akan membagi sedikit tips dan strategi untuk mempelajari Biokimia, sang naga yang paling sulit untuk ditaklukan.

SEBELUM MULAI BERBURU
Pastikan dulu apa niat teman-teman untuk mempelajari Biokimia, tidak ada pemburu yang berhasil dengan tekad yang dangkal. Jika niat nya besar, untuk mempelajari Biokimia dengan ikhlas maka saya mengucapkan selamat. Tapi jika teman-teman ingin mempelajarinya karena tuntutan nilai semata yang tidak jadi masalah. hanya saja nilai itu merupakan suatu hal kecil yang dapat merusak kesakralan dari ilmu itu sendiri.
Ini bukan berburu ikan lele loh ^^

PERSIAPAN UNTUK MEMBURU
Niat yang kuat, Doa yang ikhlas, Usaha yang keras dan Kesabaran yang tanpa batas.

NOTE: Saya tidak ikut dengan teman2 untuk berburu, saya hanya memberikan bekal karena saya juga harus berburu.

TIPS :
1. Kenali dulu Biokimia
    Biokimia merupakan ranah yang sangat luas, sebaiknya teman-teman perkecil fokus utamanya apakah ingin mempelajari dasar biokimia, biokimia kedokteran, teknik biokimia dan aspek lainnya agar yang dipelajari lebih maksimal.

2. Hapus semua kotak
    maksudnya apasih?? jadi biokimia itu merupakan suatu sistem, temen-temen jangan melihatnya sebagai hal terpisah. Pada tahap ini kita harus membiasakan diri istilah-istilah yang sering di pakai seperti nama-nama enzym, proses kimiawi (ex, fosforilasi, hidrolisisi dll), ketika kesulitan datang, jangan berhenti karena ini masalah pembiasaan yang tidak lama lagi akan hilang.

3. Kreatif dalam mempelajarinya
    Cobalah mempelajari nya secara mandiri, jika tidak paham tanyakan pada teman atau dosen, bisa juga sebaliknya, setelah di jelaskan oleh dosen, carilah mengenai hal-hal yang belum diketahui atau dipahahmi. sebagai contoh, terdapat reaksi yang ganjil dalam glikolisis atau pemecahan gula, segera mencari tau mengapa bisa seperti itu.

Teman-teman harus peka dan jangan pernah diam malas-malasan sambil mengatakan itu reaksi memang udah seperti itu dari sononya. buang cara pikir seperti itu atau kegagalan akan datang. Pemahaman suatu materi itu butuk pengorbanan yang besar oleh karena itu pepatah sering mengatakan bahwa kunci menuntut ilmu adalah sabar.

4. Gunakan segala fasilitas
    Hal yang paling utama adalah buku, saya sendiri memakai buku biokimia Harper. tapi jangan terpaku dengan satu buku. carilah dari berbagai sumber karena setiap buku itu memiliki bagian yang mudah dipahami dan bagian yang sulitnya. Ketika saya mempelajari tentang glikogenesis saya memakai harper dan ketika saya mempelajari glikogenolisis, saya tidak dapat lagi memahaminya di buku yang sama sehingga saya mempelajarinya di beberapa buku.

Gunakan juga fasilitas internet, teman-teman bisa mempelajarinya dari berbagai channel pembelajaran di youtube, saya sendiri selalu mengakses channel Armandoh hasudungan, khan academy dll untuk memahami satu topik ini saja. dan bisa juga mencari di pdf atau jurnal terbaru.

come on.... kita harus cerdas dalam belajar-

>>>hari gini masih bergantung dengan slide ???
gak jaman lagi bro walaupun aman untuk quiz-ujian, diluar sana orang udah berlomba-lomba untuk memahami karena skill jauh lebih penting dari nilai.

kata guru ane, udah datang dari kampung, jangan ditambah kampungan :'( peace
Saya jamin deh, meaningnya itu beda ketika kita berusaha mempelajarinya secara utuh walau itu mustahil daripada sekedar terima slide dari dosen :'(

dan jangan pernah coba-coba belajar subjek ini ketika dekat ujian wkwkwkwk , ingat raja naga yang satu ini buas dan gak mudah dijinakkan. tau sendirilah ya maksudnya apa.

5. Pahami, pahami, pahami dan jangan pernah dihafal
    banyak orang menyerah akibat lelah menghafal. Berdasarkan pengalaman saya, menghafal hanya membuat lelah dua kali lipat. nanti kita tidak akan asing dengan istilah Glukolisis, Glikogenesis, Glikogenolisis, Glukoneogenesis. Fosforilase, fosforlasi dan lainnya. percayalah, jika dihafal maka tidak menutup kemungkinan teman-teman akan tambah bingung dan terbalik-balik untuk istilah. Tapi jika paham, mau dibalik kaya mana pun teman teman tetap tau itu apa :)


itulah tips umum untuk mempelajari BIOKIMIA, selanjutnya akan kita bahas tips khusus dan strateginya. SIAP! HARUS SIAP! gak siap??? tidur aja atau nonton film drama korea :'(
menjinakkan hewan yang satu ini gampang-gampang susah soalnya.

ini dia yang di tunggu-tunggu
strategi khusus penaklukan naga....

1. pelajari dari Istilah
    Cari tau dulu apa itu karbohidrat, protein, lipid dan asam nukleat. kemudian lanjut ke ciri-cirinya, pembagiannya, dan baru lanjut ke metabolismenya ^^

2. Mulai dari teori dasar
    Pahami bagaimana reaksi bisa digabungkan dengan cara melepas air, fosforilasi, kerja enzym , sifat reaksi kimia, karena hal-hal seperti ini akan banyak ditemukan kedepannya, biasanya ada dielajkan pada bab pengantar biokinia di buku-buku. Memang butuh banyak kesabaran untuk ini, akan kita lanjutkan detailnya nanti.

3. Perkuat beberapa materi pilihan
    seperti keseimbangan, membran sel, komunikasi antar sel, kalor dalam fisika, beberapa penyakit yang di timbulkan sampai ke genetika modern karena ini semua dasar untuk mempelajari biokimia , oleh karena itu wajar jika ketika mulai belajar itu banyak stag nya karena biokimia menuntut kita untuk menguasai banyak hal dan semua bisa dipelajari barengan kok :)

4. Memiliki catatan sendiri
    yang pasti yang mudah dipahami oleh diri sendiri, terkhusus untuk jalur2 metabolisme

5. Eleminasi topik yang tidak terlalu penting ,seperti metabolisme gula yang berbeda pada hewan, karena jika diikuti semua maka tidak ada habisnya.

6. Sering mengulang, jangan sombong ente ketika udah paham. Ini biokimia bung, salah tarik arah panah lu bisa nyasar kemana-mana

tips dan strategi emasnya akan di bahas di topik selanjutnya :P

kalau ada yang bilang dia bisa biokimia, jangan dipercaya ya :D
itu tandanya dia belum paham seutuhnya karena biokimia itu bersifat universal, 
kesombongan adalah awal kehancuran dan kita bisa tenggelam jika memiliki rasa yang satu ini ketika sedang berenang dalam samudra ilmu,

*sebenarnya ini sindiran buat penulis dan pembaca agar tidak terjebak dalam dogma kepintaran semu.

note; penulis juga masih berburu kok, bukan ahli atau apa ^^
 (kita bisa berburu sama-sama brader)

4 komentar: