Senin, 22 Februari 2016

BUKAN PENULIS TAKDIR

Jika membaca saja malas
lantas, kehidupan apa yang pantas buatmu?
adakah orang lain datang untuk memperbaiki kehidupanmu kelak? TIDAK!
jangan menunggu!

Jika untuk menghadiri acara teman mu saja, kau menyiapkan segala sesuatu dengan serius
maka persiapkan lah untuk kehidupanmu dengan sangat serius
karena hidupmu tak seperti acara temanmu
seriuslah untuk kehidupanmu sendiri


        Ada hal yang harus kita pahami, diantaranya ialah: setiap orang tidak bisa memilih terlahir dalam keadaan bagaimana. Apakah ia terlahir sehat atau cacat, kaya atau miskin. Tidak ada yang bisa memilih. Jika melihat ada orang yang memiliki hidup yang penuh dengan harta, sadarlah bahwa itu bukan pilihannya untuk terlahir di bawah singgasana kemewahan dan seorang anak jalanan juga tidak pernah meminta untuk dilahirkan di bawah kubu kemiskinan. teman... sesunggunhya material itu tidak akan menjamin kebahagiaan dan kedamaian dalam jiwa mu.

Mengapa kita tidak bisa memilih? ya, karena kita bukanlah penulis takdir.
Jauh sebelum dirimu dilahirkan, kisah hidupmu telah disempurnakan di Lauh Mahfudz. Jangan bersedih karena kita bukanlah penulis takdir, kita harus ingat! walaupun kita bukanlah penulis takdir, kita adalah aktor di dalam hidup ini.

Kita tidak memiliki hak untuk menentukan apa yang terjadi akan tetapi kita memiliki hak penuh untuk menetukan sikap kita.

      Masalah terbesar bukan lah apa yang terjadi dalam hidup ini melainkan sikap apa yang akan kita berikan terhadap hidup ini. Cara melihat masalah merupakan masalah itu sendiri. Ketika masalah menghampiri jangan lah putus asa apalagi stres menghadapinya dan jangan marah. Ketika kau memiliki masalah itu tandanya kau hidup karena hanya batu dan jasad lah yang tak pernah memiliki masalah. Setiap orang memiliki masalah namun tidak semua menaklukannya.
Pemberani itu bukanlah orang yang tidak memiliki rasa takut, mereka memiliki rasa takut akan tetapi mereka menaklukkannya.Teman... masalah mu bukan untuk dinikmati melainkan untuk dihadapi. Setiap masalah akan menempah mu menjadi pribadi yang lebih baik. Oleh karena itu jangan takut mendapat masalah akan tetapi takut lah ketika kau memilih hancur bersama masalah mu.

-DARI AMERIKA SERIKAT

       Seorang perempuan terlahir dari orangtua pecandu obat-obatan dan ia dibesarkan dalam kondisi miskin di New York City. Setelah ibunya meninggal dan ayahnya masuk rumah penampungan ketika ia masih remaja, dia menjadi seorang tunawisma. Padahal ia belum menyelesaikan sekolah, ia tidur di lorong-loron gedung, dan mencuri makanan untuk bertahan hidup. Ia bukan lah seorang pencuri, ia hanya gadis yang ingin bertahan hidup. Jelas bahwa ia tak suka untuk melakukan perbuatan itu.
Sebelum mimpi buruk ini datang, hidupnya tidak ada masalah. Segala sesuatu yang tadinya ada, tiba-tiba menghilang. "saya merasa jika kehidupan bisa menjadi lebih buruk, mungkin kehidupan juga bisa berubah menjadi lebih baik. Karena kehidupan berubah sangat cepat".
     "Saya mencuri Oreo dan Creaker itu menahan lapar dan saya tidur dengan  tas buku sebagai bantal", ditas itu lah seluruh barang yang ia punya, hanya buku, baju dan foto almarhum ibunya. Sebelum tidur timbul keinginan darinya untuk kuliah dan ia pun tertidur....

Empat tahun kemudian ia mewujudkan impiannya... ia menjadi salah satu mahasiswi di HARVARD UNIVERSITY, menjadi penulis terkenal bahkan menjadi salah satu pembicara motivasi di dunia.

Namanya adalah LIZ MURAY
Dan ia adalah salah satu bukti bahwa setiap orang memiliki kebebasan untuk menyikapi hidupnya... menjadi lebih baik meski mimpi buruk tidak ada yang tau kapan ia datang, yang harus kita lakukan adalah bangun dari mimpi buruk tersebut atau kengerian akan berlajut.
(diadopsi dari buku HERO, berdasarkan kisah nyata)

Percuma lari dari masa lalu yang kelam atau lari dari kenyataan yang pahit
Karena bagaimanapun juga itu adalah bagian dari hidup kita... yang harus kita lakukan adalah memeluk semua kenangan dan kenyataan itu lalu mentukan sikap apa yang akan kita ambil karena kehidupan itu cepat berubah...

Semoga dari tulisan singkat ini ada yang bermanfaat

Ilmu bukan lah uang yang bisa ditukar kapan pun...
Namun ilmu itu akan menjadi hal yang sangat membantu ketika uang tidak bisa berbuat apapun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar