Minggu, 14 Februari 2016

Yang Terburuk dan Yang Terbaik

Sebutir mutiara tenggelam
tenggelam dalam lumpur
entahlah...
ia tak pernah suka dengan laut
baginya laut menjadi kesedihan yang lengkap
bagaimanapun ia tetaplah mutiara
yang terhormat di antara batu-batu lautan
meskipun ia tenggelam dalam lumpur...
salam dari ku untukmu mutiara
aku berharap engkau segera pindah
sekalipun kau mutiara 
jika kau tenggelam dalam lumpur
takkan ada yang akan mengenalmu
apalagi mengingatmu


          Menjadi yang terbaik atau yang terburuk bukanlah garisan takdir, itu adalah masalah pilihan. Ya itu adalah PILIHAN. Kita bisa memilih akan seperti apa hidup yang kita jalani, apakah sebagai manusia terbaik atau sebagai manusia terburuk. Aku juga tau kalau kita memang tidak selalu bahagia namun yakinlah... kita selalu bisa memberikan kebahagiaan dan menjadi orang yang bermanfaat. Terlepas dari pilihan kita untuk menjadi yang terbaik ataupun yang terburuk, kita akan meninggalkan dunia ini. Siapapun dia... "Jangan sampai ada atau tiada nya dirimu di dunia ini tidak ada bedanya". Tidak peduli bagaimana kehidupan mu di masa lalu, kenangan-kenangan yang buruk, hidup yang susah dan sebagainya karena kau bisa berubah... jika kau telah mendapatkan kehidupan yang baik maka bersyukurlah dan terus memperbaiki hari-hari mu karena tidak menutup kemungkinan hidup mu akan berubah suatu saat nanti. Peganglah prinsip yang baik, seseorang itu bisa berubah. hari ini ia baik, mungkin esok tidak. begitu juga sebaliknya... namun prinsiplah yang tidak akan berubah. Ketika membenci seseorang hendaknya kita membenci sifat nya, kita tidak memiliki alasan untuk membenci dirinya karena ia bisa berubah kapan pun dan hal ini juga berlaku sebaliknya.
untuk memperjelas bahwa hidup itu adalah pilihan, pastikan kau memahami cerita di bawah karena ini bukanlah cerita 1001 malam melainkan kisah nyata. Bisa jadi kisah mu kelak akan menandingi kisah dibawah ini...

THE WORSE CAN BECOME THE BEST
ada seseorang yang minum alkohol dan ia kecanduan
tidak pernah mendapat pendidikan, apalagi sopan santun
ia menjadi pemuda terburuk di tempatnya, ia bahkan minum di tempat umum sehingga semua tau kelakuan nya itu menunjukkan nilai moral yang sangat rendah.
Suatu hari ketika ia sedang minum, lewat seseorang mengendarai keledai dan para penduduk mengelilingi beliau. mereka menghormatinya dan berbicara kepadanya. Timbul rasa penasaran dari si pemuda tadi. "hey berhenti!" ia menghentikan orang itu dan bertanya "siapa kamu?" orang lain menjawab "Ashabi... dia Imam Ashabi"
si pemuda ini tetap penasaran dan ia bertanya lagi siapa Imam Ashabi itu? orang-orang pun menjawab "ia adalah seorang muhaddis, orang yang menghafal perkataan Rasulullah SAW, mempelajari nya serta mengajarkannya ke orang lain".
Pemuda ini menantang sang Imam "kalau kau seorang Muhaddis maka berikanlah aku satu hadis"
sang Imam membaca situasi tersebut dan ia memberikan satu hadis yang sesuai untuk pemuda yang memegang botol alkohol tersebut.

dari sahabat Abu Mad'ud Al Badri (RA)
Rasulullah SAW telah bersabda: "...Jika kau tidak malu, maka berbuatlah sesuka hatimu"
(HR BUKHARI)

Jika kau tidak malu,tidak memiliki kualitas sifat malu, maka berbuatlah sesuka hatimu karena tidak akan ada yang mencegah mu malakukan parbuatan memalukan.

Pada momen itu, hati si pemuda terbuka. kalimat itu menembus hatinya, ia bergetar hebat...
setelah itu ia memutuskan untuk berubah...
ia pergi menemui Imam yang terkenal pada saat itu untuk belajar, Imam Malik, yang berada di Madinah. Ia meminta Imam Malik agar mengajarinya dan membimbingnya.

Dan orang ini...
yang dulunya seorang pecinta alkohol, minum di hadapan umum, tidak memiliki moral...
adalah guru Bukhari dan Muslim. IA MENJADI GURU IMAM BUKHARI DAN MUSLIM
Namanya adalah Abdullah IBN Maslam.
guru seorang Imam besar dulunya adalah seorang alkoholik,tidak bermoral namun ia telah berubah dan mengubah banyak orang pula.

the world will not change until you change
Indeed ALLAH does not change the state of a people until they have changed what's in themeselves

Teman... berbeda itu tidak selalu baik namun yang terbaik pasti berbeda :)
hidupmu hari ini adalah pilihan mu kemarin dan hidup mu esok adalah pilihanmu hari ini. Pastikan kau memilihil pilihan yang tepat.

2 komentar:

  1. Subhanallah menginspirasi. Berubah itu butuh kemauan dan kesadaran. Orang yang bertobat dan mendapat hidayah, pasti bisa berubah menjadi lebih baij. Sebanyak apapun dosanya, karena Allah Maha Pengampun. Semoga kita mendapat rahmat-Nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin...
      makasih bang, semoga bermanfaat
      mohon maaf masih banyak kekurangan, InsyaAllah akan terus diperbaiki :)

      Hapus